Jamu Pelancar ASI Rekomendasi 1 Minggu Setelah Melahirkan

Jamu pelancar ASI perlu dan sangat penting untuk bunda yang habis melakukan persalinan lancar. Selain sangat berguna, jamu pelancar ASI sangat berguna bila nantinya bunda mengalami masalah perihal ASI yang biasanya tidak selancar biasanya dan agak terhendat produktivitasnya.

Makanan terbaik untuk bayi dan sangat direkomendasikan untuk bunda memberikan program ASI eksklusif, bunda perlu mengetahui beberapa jalan dan metode pelancar ASI yang terbaik.

Suplemen, jamu, obat, makanan dan pola makan adalah beberapa faktor yang memutuskan lancar atau tidaknya ASI bunda. Pada kesempatan kali ini, artikel yang membahas tentang jamu pelancar ASI bisa bunda baca disini.

Jamu Pelancar ASI

Untuk bisa mengonsumsi jamu pelancar ASI, bunda bisa membuatnya sendiri memanfaatkan bahan alami di sekitar atau membeli suplemen yang berbentuk produk. Alternatif lainnya, bunda bisa membeli jamu yang sudah berbentuk kemasan karena lebih memudahkan. Berikut beberapa jamu pelancar ASI yang bahkan bunda pun dapat membuatnya sendiri secara tradisional dirumah;

1. Jamu pala asam

Jamu pelancar ASI ini menggunakan bahan dasar pala dan asam, sesuai namanya. Bunda perlu menyiapkan bahan- bahan ini lebih dahulu, yakni; Biji pala (1 ruas jari), buah asam, kayu manis sekitar ½ jari, mungsi 1 sendok teh, ketumbar 1 sendok teh ditambah 2 gelas air.

Cuci bersih bahan-bahan yang sudah bunda kumpulkan di 2 buah gelas air bersih. Setelah itu, masukkan juga gula dan juga asam dan rebuslah hingga mendidih. Setelah air tersisa kurang lebih 1 gelas kemudian saringlah. Anda dapat minum jamu ini dengan teratur untuk melancarkan ASI.

2. Jamu temulawak

Temulawak sangat amat banyak memiliki manfaat kesehatan, terutama pelancar ASI. Beberapa bahan ini perlu disiapkan untuk membuat jamu temulawak, antara lain; Temulawak 1 rimpang, daun pegagan, kunyit 3 rimpang, kencur 3 rimpang, teh adas dan mungsi 1 sendok teh.

Kemudian seperti halnya jamu pala asam, cuci bersih semua bahan sampai benar-benar bersih. Berilah tambahan air matang segar 2 gelas kurang lebih, lalu peras serta saring air perasan yang timbul. Jamu temulawak lumayan baik sebagai pelancar ASI. Bunda juga bisa menambah jeruk nipis untuk menambah cita rasa manis ketika diminum.

Anjuran dokter yang baik adalah mengonsumsi jamu pelancar ASI diatas 1 minggu setelah jarak melahirkan selesai. Jangan mulai meminum jamu diatas persis setelah proses melahirkan, tunggulah 1 minggu setelahnya. Selamat berkreasi, bunda!